belajar dan berbagi

Makalah Tafsir Ayat Tarbawi 1

“Tafsir Surat Asy-Syu’ara ayat 193-195, Tentang Perlunya Ketabahan Dalam Mendidik”


Diturunkan oleh ruh suci (Jibril) ke dalam engkau (ya Muhammad), supaya engkau memberi peringatan, dengan Bahasa Arab yang jelas.



Ayat ini menjelaskan bahwa Nabi Muhammad SAW, diberikan suatu risalah pendidikan Islam untuk disampaikan kepada kaumnya melalui peringatan atau perintah yang lemah lembut. Nabi di uji berbagai tantangan dan cacian dari orang musyrikin yang menolak atas ajarannya sehingga Nabi mengalami suatu keadaan yang beraneka ragam selama hidupnya.


Al-Qur’an dan al-Hadist adalah pedoman hidup manusia atau umat Islam yang menjelaskan kriteria atau ukuran baik buruknya suatu perbuatan manusia. Islam mengajarkan agar umatnya melakukan perbuatan baik dan menjauhi perbuatan buruk.
Surah Asy-Syu’ara merupakan salah satu Makkiyah, yakni turun sebelum Nabi Muhammad SAW berhijrah ke Madinah, demikian pendapat mayoritas ulama. Ada yang mengecualikan beberapa ayat seperti ayat 224-227 yang berbicara tentang penyair. Boleh jadi mereka menduga demikian, karena ayat-ayat itu mengecam para penyihir, kecuali mereka yang beriman dan dalam hal ini mereka menduga bahwa yang dimaksud adalah penyair-penyair muslim kenamaan pada masa Nabi SAW.

Lebih lengkap silahkan download Perlunya Ketabahan Dalam Mendidik
Labels: Makalah

Thanks for reading Makalah Tafsir Ayat Tarbawi 1. Please share...!

2 komentar on Makalah Tafsir Ayat Tarbawi 1

  1. Bisa kok, barusan saya coba download. ini link download Makalah Tafsir Ayat Tarbawi 1
    http://downloads.ziddu.com/downloadfiles/6697058/TafsirAyatTarbawiI.pdf

    ReplyDelete

Yang sudah mampir wajib tinggalkan komentar

Back To Top