belajar dan berbagi

Keberhasilan pengajaran bahasa dalam menulis surat dengan menggunakan EYD yang tepat pada siswa tingkat SD

Keberhasilan pengajaran bahasa dalam menulis surat dengan menggunakan EYD yang tepat pada siswa tingkat SD

A. Pendahuluan
1. Latar Belakang
Sekolah sebagai lembaga pendidikan adalah tempat untuk mempersiapkan anak menghadpi kehidupan sebaik-baiknya, baik sebagai pribadi dalam kelurga maupun dalam masyarakat.

Kemampuan profesional guru sangatlah menentukan dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Sebagaimana yang diamanatkan dalan GBHN bahwa titik berat pembangunan pendidikan diletakkan pada peningkatan mutu setiap jenjang dan jenis pendidikan. Tetapi hla ini tidak mungkin tercapai apabila tidak disertai usaha dari guru itu sendiri untuk senantiasa meningkatkan kekampuan profesionalnya dalam lelaksanakan tugasnya sebagi pengajar.
Menulis surat bagi siswa tinkat SD memang masih memerlukan bimbingan yang ekstra. Dalam pelajaran bahasa Indonesia untuk penulisan surat yang biasa saja siswa masih banayk menemui kesulitan apalagi dalam menulis surat yang tepat melalui EYD.
Dengan mempelajari kriteria dan penggunaan EYD dengan benar, maka surat yang akan dikirim dapat memberikan kepuasan dan kemantapan bagi penulis. Karya ilmiah ini akan membahas tentang langkah-langkah menulis surat dengan menggunakan EYD yang tepat.

2. Rumusan masalah
1. Bagaimana guru mengajarkan kepada siswa tentang pentingnya surat menyurat dalam pelajaran Bahasa Indonesia.
2. Bagaimana guru mengajarkan kepada siswa tentang menulis surat yang menggunakan EYD yang tepat.


3. Tujuan Penulisan
1. Untuk memberi masukan kepada guru Bahasa Indonesia dalam pembelajaranbahasa indonesia.
2. Agar guru berhasil mengajarkan kepada siswa tingkat SD cara menulis surat dengan mengggunakan EYD yang tepat.



B. PEMBAHASAN
1. Jenis-jenis surat dalam pelajaran Bahasa Indonesia
Pada hakikatnya pelajaran bahas aindonesia yang membahas tentang surat menyurat sangatlah luas. Tugas sebagai guru yaitu memberi gambaran tentang jenis-jenis surat yang ada dan penekanan pada materi agar siswa paham dengan pelajaran yang disampaikan. Berdasarkan status pembuatan dan sifatisinya surat terbagi atau beberapa macam yaitu sebagai berikut:

a. Surat Pribadi
Surat pribadi adalah surat yang ditulis oleh seseorang atas nama sendiri yang isinya menyangkut urusan orang tersebut scara pribadi atau keluarga.

b. Surat Dinas
Surat pribadi adalah surat yang ditulis oleh seseorang karena kedudukan dalam suatu instansi yang isinya menyangkut kepentinga instansi tesebut.

c. Surat Niaga
Surat pribadi adalah surat yang ditulis oleh seseorang karena kedudukan dalam lembaga atau perusahaan dan isinya menyangkut urusan niaga yang dikelola badan atau perusahaan dan tersebut.


d. Surat Sosial
Surat pribadi adalah surat yang ditulis oleh seseorang karena kedudukan dalam lembaga sosial dan isiny amenyangkut aktifitas sosial.

Dari berbagai jenis surat diatas, surat-menyurat yang akan dibahas dibahas dalam hal ini adalah surat pribadi yang akan menceritakan pengalaman dan cita-cita dengan menggunakan EYD yang tepat.
Guru memberikan materi pembimbingan agar peserta didik dapat memahami dan mampu membuatnya dengan bahasa yang benar karena dalam surat pribadi peserta didik dapat menuangkan pengalaman dan cita-cita dengan gaya penceritaan yang menarik terhadap teman sebaya, kerabat, atau keluarganya namun tetap dengan EYD yang tepat.


2. Pemakain Huruf Kapital, Tanda Titik Dan Koma dalam menulis surat.
2.1 Pemakain huruf kapital atau huruf besar
1. Huruf kapital tau huruf besar dipakai sebagai huruf pertama kata pada awal kalimat.
2. huruf kapital dipakai pertama sebagai petikan langsung.
3. huruf kapital dipakai sebagiai huruf pertama unsur nama jabatan, dan pangkat yang diikuti nama orang atau yang dipakai sebagai pengganti nama orang tertaentu, miswalnya instansi atau anma tempat.
4. huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama nama bangsa, suku bangsa dan bahasa.
5. huruf pertama dipakai sebagai huruf pertama nama tahun, bulan, hari raya, dan peristiwa bersejarah.
6. huruf kapital dipakai sebagai huruf pertma unsur singkatan nama gelar, pangkat, dan sapaan.

2.2 Penggunaan tanda titik
1. Tanda titik dipakai pada akhir kalimat yang bukan pertanyaan atau seruan.
2. Tanda titik dipakai untuk memisahkan angka jam, menit dan detik yang menunjukkan waktu.
3. Tanda titik dipakai untuk memisahkan bilangan ribuan atau kelipatanya.


2.3 Penggunan tanda koma
1. Tanda kom a dipakai diantara unsur-unsur dalam suatu perincian atau pembilangan.
2. Tanda koma dipakai untuk memisahkan kalimat setara yang satu dari kalimat setara berikutnyayang didahului oleh kata seperti tetapi atau melainkan.
3. Tanda koma dipakai diantara (i) nama dan alamat, (ii) bagian-bagian alamat (iii) tempat dan tanggal, dan (iv) nama tempat dan wilayah atau negeri yang ditulis beurutan.

3. Menulis Surat Dengan Menggunakan EYD Yang Tepat
Menulis surat pada siswwa tingkat SD merupakan pelajaran yang berkompetensi dasar dengan menulis surat dengan menggunakan EYD yang tepat. Hal ini mengharapkan kepada peserta didik agar mampu menulis dengan baik tentang pengalaman dan cita-cita yang dituangkan dalam bentuk surat. Dalam penulisanya harus memiliki kriteria sebagai beirkut:
1. Tempat dan tanggal surat
Tanda koma dipakai diantara :
• Nama dan alamat
• Bagian-bagian alamat
• Tempat dan tanggal
• Nama tempat dan wilayah atau negeri tyang ditulis berurutan
Ex : Sdr. Abdullah, Jalan Pisang Batu 1, Bogor
Surabaya, 13 Juli 2009
Kuala Lumpur, Malaysia

2. Alamat Surat
Huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama nama geografi
Ex : Surabaya, Cirebon, Tanjung Harapan.


3. Salam pembuka
Huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama dan tanda koma
Ex : dengan Hormat

4. Isi Surat
Huruf kapital dipakai pada setiap paragraf pertama penggunaan tanda koma, titik dan sebagainyadengan benar.

5. Salam Penutup
Salam penutup dapat ditulis sebelah kiri atau sebelah kanan, seperti salam pembuka, salam penutup ditulis denngan huruf kapital pada awal katanya dan diikuti dengan tanda koma;
Ex : Wassalmmualaikum Wr, Wb,

6. Tanda tangan
Tanda tangan pengirim surat terletaj sejajar dengan salam penutup.

7. Pengirim Surat
Nama pengirim surat terletak sejajar dengan salam penutup. Penulisnya diawali dengan huruf kapital dan tidak diikutidengan tanda baca.
Ex : Rima
Jalan Nusa Indah No. 29
Jakarta 10230



Labels: Makalah

Thanks for reading Keberhasilan pengajaran bahasa dalam menulis surat dengan menggunakan EYD yang tepat pada siswa tingkat SD. Please share...!

0 Komentar untuk "Keberhasilan pengajaran bahasa dalam menulis surat dengan menggunakan EYD yang tepat pada siswa tingkat SD"

Yang sudah mampir wajib tinggalkan komentar

Back To Top