Satuan Pendidik : MTs
Mata Pelajaran : Fiqih
Kelas/Semester : II
Standar Kompetensi : Memahami tentang tayamum
Kompetensi Dasar : Siswa memahami cara tayamum dengan baik
Indikator : Siswa diharapkan mampu menjelaskan syarat, rukun, sebab-sebab dan yang membatalkan tayamum
Alokasi Waktu : 1 x 15 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat memahami dan menjelaskan syarat, rukun, sebab dan yang membatalkan tayamum.
B. Materi Pembelajaran
Tayamum
C. Metode Pembelajaran
- Ceramah
- Demonstrasi
D. Langkah-Langkah Pembelajaran
a. Kegiatan awal
a. Guru memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucap Basmalah.
b. Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan di pelajari.
c. Guru menjelaskan secara singkat langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
b. Kegiatan inti
a. Guru memberikan penjelasan tentang pengertian, syarat-syarat, rukun, sebab-sebab dan yang membatalkan tayamum.
c. Kegiatan penutup
a. Guru memberi pertanyaan kepada siswa.
b. Guru menutup pelajaran dengan membaca hamdalah dan salam.
E. Sumber Belajar
Buku pelajaran Fiqh
F. Penilaian
1. Tes lisan
Siswa diminta menjawab pertanyaan guru secara lisan berkaitan dengan materi yang disampaikan.
Bentuk instrumen
Soal:
1. Coba uraikan pengertian tayamum?
2. Ada berapa rukum tayamum?
3. Apa sebab-sebab dibolehkan bertayamum?
4. Coba uraikan yang membatalkan tayamum?
5. Bagaimana cara bertayamum?
Jawab:
1. Tayamum ialah salah satu cara untuk menyucikan diri dari hadast besar dan kecil dengan menggunakan tanah atau debu yang bersih.
2. Rukun tayamum ada 3.
3. Sakit tidak dibolehkan terkena air dikhawatirkan makin parah sakitnya.
4. Ada 2 yaitu:
1. Semua yang membatalkan wudhu berarti membatalkan tayamum.
2. Mendapat air.
5. Ada 2 yaitu:
1. Tepukan telapan tangan ke tanah/debu kemudian di usapkan ke muka.
2. Di sapukan ke tangan kanan dan kiri.
Jangan Lupa berikan komentar Anda tentang blog ini, ataupun tentang posting ini.
Mata Pelajaran : Fiqih
Kelas/Semester : II
Standar Kompetensi : Memahami tentang tayamum
Kompetensi Dasar : Siswa memahami cara tayamum dengan baik
Indikator : Siswa diharapkan mampu menjelaskan syarat, rukun, sebab-sebab dan yang membatalkan tayamum
Alokasi Waktu : 1 x 15 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat memahami dan menjelaskan syarat, rukun, sebab dan yang membatalkan tayamum.
B. Materi Pembelajaran
Tayamum
C. Metode Pembelajaran
- Ceramah
- Demonstrasi
D. Langkah-Langkah Pembelajaran
a. Kegiatan awal
a. Guru memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucap Basmalah.
b. Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan di pelajari.
c. Guru menjelaskan secara singkat langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
b. Kegiatan inti
a. Guru memberikan penjelasan tentang pengertian, syarat-syarat, rukun, sebab-sebab dan yang membatalkan tayamum.
c. Kegiatan penutup
a. Guru memberi pertanyaan kepada siswa.
b. Guru menutup pelajaran dengan membaca hamdalah dan salam.
E. Sumber Belajar
Buku pelajaran Fiqh
F. Penilaian
1. Tes lisan
Siswa diminta menjawab pertanyaan guru secara lisan berkaitan dengan materi yang disampaikan.
Bentuk instrumen
Soal:
1. Coba uraikan pengertian tayamum?
2. Ada berapa rukum tayamum?
3. Apa sebab-sebab dibolehkan bertayamum?
4. Coba uraikan yang membatalkan tayamum?
5. Bagaimana cara bertayamum?
Jawab:
1. Tayamum ialah salah satu cara untuk menyucikan diri dari hadast besar dan kecil dengan menggunakan tanah atau debu yang bersih.
2. Rukun tayamum ada 3.
3. Sakit tidak dibolehkan terkena air dikhawatirkan makin parah sakitnya.
4. Ada 2 yaitu:
1. Semua yang membatalkan wudhu berarti membatalkan tayamum.
2. Mendapat air.
5. Ada 2 yaitu:
1. Tepukan telapan tangan ke tanah/debu kemudian di usapkan ke muka.
2. Di sapukan ke tangan kanan dan kiri.
Jangan Lupa berikan komentar Anda tentang blog ini, ataupun tentang posting ini.
Labels:
Makalah
Thanks for reading Rencana Pelaksanaan Pembelajaran RPP Fiqh. Please share...!
0 Komentar untuk "Rencana Pelaksanaan Pembelajaran RPP Fiqh"
Yang sudah mampir wajib tinggalkan komentar