RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMP
Kelas / Semester : VII (tujuh)/Semester 1
Mata Pelajaran : IPA Fisika
Alokasi Waktu : 2 X 25
Standar Kompetensi : 1. Memahami prosedur ilmiah untuk mempelajari benda-benda alam dengan menggunakan peralatan.
Kompetensi Dasar : 1.1 Menjelaskan besaran pokok dan besaran turunan beserta satuannya.
Indikator : Mengkonversi satuan panjang, massa dan waktu secara sederhana.
A.Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat Mengkonversi satuan panjang, massa dan waktu terhadap hasil pengukuran.
B.Materi Pembelajaran
Pengukuran
C.Metode Pembelajaran
Ceramah
Tanya Jawab
D.Langkah-langkah Kegiatan
1.Kegiatan Pendahuluan
Motivasi dan Apersepsi
Memberi pertanyaan; Bagaimana cara mengonversi satuan?
2. Kegiatan Inti
Guru memberikan informasi cara mengkonversikan satuan dengan memakai tangga konversi dimana setiap kali turun 1 anak tangga dikali 10, sedangkan jika naik dibagi 10.
Guru memberikan contoh soal latihan cara mengkonversi satuan panjang dengan menggunakan tangga konversi.
3.Kegiatan Penutup
Peserta didik (dibimbing guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal tentang besaran dan satuan
E.Sumber Belajar
a. Buku IPA Fisika SMP hal 15
b. Buku Fisika yang relevan
F.Penilaian Hasil Belajar
a. Teknik Penilaian
- Tes tertulis
b. Bentuk instrument
- Tes uraian
Contoh instrument :
Konversikan satuan-satuan di bawah ini
1. 235 m = ………. Cm
2. 0,05 km =………..m
3. 235 mm =……….dam
4. 0,75 g =………...mg
5. 2,35 kg =…………mg
6. 0,52 s =………….ms
...............,......................
Mengetahui
Kepala SMP Guru Mata Pelajaran
...................... ... ..............................
NIP. NIM.
Jangan Lupa berikan komentar Anda tentang blog ini, ataupun tentang posting ini.
(RPP)
Sekolah : SMP
Kelas / Semester : VII (tujuh)/Semester 1
Mata Pelajaran : IPA Fisika
Alokasi Waktu : 2 X 25
Standar Kompetensi : 1. Memahami prosedur ilmiah untuk mempelajari benda-benda alam dengan menggunakan peralatan.
Kompetensi Dasar : 1.1 Menjelaskan besaran pokok dan besaran turunan beserta satuannya.
Indikator : Mengkonversi satuan panjang, massa dan waktu secara sederhana.
A.Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat Mengkonversi satuan panjang, massa dan waktu terhadap hasil pengukuran.
B.Materi Pembelajaran
Pengukuran
C.Metode Pembelajaran
Ceramah
Tanya Jawab
D.Langkah-langkah Kegiatan
1.Kegiatan Pendahuluan
Motivasi dan Apersepsi
Memberi pertanyaan; Bagaimana cara mengonversi satuan?
2. Kegiatan Inti
Guru memberikan informasi cara mengkonversikan satuan dengan memakai tangga konversi dimana setiap kali turun 1 anak tangga dikali 10, sedangkan jika naik dibagi 10.
Guru memberikan contoh soal latihan cara mengkonversi satuan panjang dengan menggunakan tangga konversi.
3.Kegiatan Penutup
Peserta didik (dibimbing guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal tentang besaran dan satuan
E.Sumber Belajar
a. Buku IPA Fisika SMP hal 15
b. Buku Fisika yang relevan
F.Penilaian Hasil Belajar
a. Teknik Penilaian
- Tes tertulis
b. Bentuk instrument
- Tes uraian
Contoh instrument :
Konversikan satuan-satuan di bawah ini
1. 235 m = ………. Cm
2. 0,05 km =………..m
3. 235 mm =……….dam
4. 0,75 g =………...mg
5. 2,35 kg =…………mg
6. 0,52 s =………….ms
...............,......................
Mengetahui
Kepala SMP Guru Mata Pelajaran
...................... ... ..............................
NIP. NIM.
Jangan Lupa berikan komentar Anda tentang blog ini, ataupun tentang posting ini.
Labels:
RPP
Thanks for reading RPP IPA Fisika Kelas VII. Please share...!
0 Komentar untuk "RPP IPA Fisika Kelas VII"
Yang sudah mampir wajib tinggalkan komentar